APA ARTI "BHINNEKA TUNGGAL IKA"

Jumat, 31 Agustus 2012

salam selamat pagi agan agan yang lagi mentengin layar LCD kompi/laptop,

Ngajak sharing nih,soal kesatuan dan persatuan yang ada dalam semboyan kita yaitu "BHINNEKA TUNGGAL IKA" yg diambil dari kitab Sutasoma yg berarti "Walaupun berbeda-beda, tapi tetap satu".
Nah, yg berputar-putar otak gue skrg ini adalah:
1. fungsi bhinneka tunggal ika dalam bangsa kita apa ya?
2. apa arti sebenarnya bhinneka tunggal ika dalam adat kita masing"?
3. kenapa banyak banget larangan dari masing-masing adat kita yg melarang utk berhubungan dengan adat orang lain? (contohnya: adat ini gak boleh nikah sama adat itu, soalnya ada apanya gitu yg gue pernah dengar)

maaf bukannya mau memecah belah, tp sadar gak sih, kok rasanya kita itu beragam tp malah gak nyatu ya?
banyak bgt gitu peraturan dr masing" adat yg malah sulit utk kita bersatu, dalam pergaulan juga, nah ini masalahnya skrg gue ambil dari pengalaman gue sendiri, gini ceritanya:

gue kenal sama abg yang sekarangg udah kuliah pernah bilang gini "aku gak dibolehin sama mama aku buat hubungan serius sama orang dari suku itu, jujur aja nih soalnya kata mama aku orang itu terlalu apaa gitu, pkoknya kata mama aku jgn sampe sama orang dari suku itu(nikahnya)." kata dia yg ane gk bisa sebutin namanya. kebetulan abang satu ini orang dari suku yang adatanya begini bukan begitu gan.
nah ada lagi nih temen ane cewek yg pernah cerita gini "kata oom aku, nanti kalo dapat suami jgn org suku itu yaa." kebetulan si cewek ini orang dari suklu yang adatnya begini bukan begitu.
nah satu lagi nih, temen ane juga, cowok dia, dia pernah bilang gini "kata keluarga aku kalo bisa cari yg sama sama org dari suku sana aja, gak usah ama yg lain si temen ini dia orang sukunya dari sana .
gue sendiri ngalamin harus ikhlas saat orang yang gue sayang harus di jodohin sama yang satu sku sama dia (nyesek tp apa boleh buat doa orang tua itu mujarab ,BYE-BYE BABY TAKE CARE...HAVE NICE DAY  itu kalimat yang harus gue ucapin)


gue sempat mikir, apa sih salahnya? kita satu bangsa dan negara, satu visi satu ideologi Pancasila.
nah kenapa sih setiap adat malah ngelarang berhubungan sama adat yg lain?
emagnya kita ini musuh apa?
kalo gini ceritanya apa arti BHINNEKA TUNGGAL IKA dong ya kan?

bingung aja , sengsara banget rasanya kalo nanti ,sampe ada aturan
"DILARANG BERHUBUNGAN MENDING SENDIRI-SENDIRI AJA "
apa rasanya?? kita diberi label dan dibedain, padahal kita ini sama sama manusia yg diciptakan sama dan sederajat oleh ALLAH SWT.
apa solusinya???

0 komentar:

Poskan Komentar